TEKNOLOGI MASA DEPAN PADA ROBOT HUMANOID

Posted: Agustus 31, 2012 in Uncategorized

Teknologi masa depan identik dengan deretan robot dengan kemampuan luar biasa yang melebihi kekuatan dan kemampuan manusia. Teknologi memang diidentikkan dengan perkembangan mesin dan komputerisasi yang semakin memudahkan manusia dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan manusia, karena perkembangan teknologi menentukan perkembangan peradaban kelompok masyarakat tersebut. Tidak jarang jika orang-orang akan menilai suatu negara berdasarkan dengan perkembangan teknologinya, karena hanya negara-negara maju dengan pendapatan yang stabil yang mampu melakukan penelitian dan penemuan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi masa depan juga dapat kita lihat dari perkembangangadjet yang kita miliki dan alat-alat pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Dahulu pos merupakan sarana komunikasi utama meskipun memakan waktu cukup banyak karena proses pengirimannya yang lama, namun kemudian komunikasi menjadi lebih lancar ketika kita mulai menggunakan telpon.

Sekarang ini komunikasi bisa dilakukan dengan perangkat internet yang memungkinkan seseorang tidak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga mengirimkan data dan dokumen perusahaan. Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat maka memungkinkan kita untuk mengganti tenaga manusia dengan alat-alat mesin, salah satunya berupa robot.

Humanoid berasal dari bahasa Yunani yang berarti seperti manusia. Robot humanoid jika dilihat lebih dekat memang mempunyai kesamaan fisik dengan manusia terutama pada bagian wajah dan bentuk tubuhnya.

Humanoid adalah salah satu tipe robot yang menggunakan teknologi masa depan yang belum dipasarkan secara luas. Humanoid memang sengaja dirancang khusus untuk menyerupai bentuk tubuh manusia dan bahkan beberapa di antara mereka dilengkapi dengan wajah seperti yang terdapat pada robot HRP-4C buatan CEATEC Jepang.

Humanoid termasuk kategori robot dengan applikasi teknologi masa depan, karena robot ini tidak hanya dilengkapi dengan sensor tetapi juga program-program lainnya. Di antaranya program voice sanitizer atau yang sering juga disebut dengan vocaloid.

Sensor-sensor yang diapplikasikan dalam robot humanoid ini antara lain propioceptive sensor dan exteroceptive sensor. Kedua sensor tersebut merupakan sensor standar yang biasa diapplikasikan dalam robot humanoid, propioceptive sensor berfungsi untuk merasakan posisi benda-benda yang ada disekitarnya

Sedangkan exteroceptive sensor biasanya dilengkapi dengan tactels, vision, dan microphone yang berfungsi untuk mengumpulkan data-data tentang benda-benda apa saja yang telah disentuh, untuk mengenali objek dan mendengar percakapan dan suara-suara di sekitarnya.

Perkembangan robot humanoid bisa dibilang cepat, teknologi yang dipergunakan juga semakin hari semakin canggih. Robot humanoid pertama yang menggunakan teknologi masa depan adalah robot ASHIMO, yang perkembangannya terus diperbarui setiap tahunnya. ASHIMO merupakan robot humanoid pertama yang memiliki kemampuan berjalan yang diperkenalkan oleh honda pada 2000.

ASHIMO dibuat dengan ukuran setinggi 130 cm dengan berat 54 kg. ASHIMO memiliki kemampuan untuk mengenali benda bergerak, postur, gertur, wajah, suara dan keadaan disekitarnya. Meski merupakan robot pertama yang memiliki kemampuan berjalan, bukan berarti tipe robot ASHIMO ini telah ketinggalan jaman karena pihak Honda sendiri secara terus menerus menambahkan sensor dan kemampuan dasar pada robot yang satu ini.

Pada 2011 Honda mencatat bahwa robot ASHIMO dengan tipe terbaru dapat berlari dengan kecepatan 9 km per jam, berbeda sekali dengan tipe pertamanya yang tidak mempunyai kemampuan berlari sama sekali.
Tipe robot humanoid berikutnya adalah tipe HRP-4C. HRP-4C merupakan salah satu tipe robot humanoid yang menggunakan teknologi masa depan

Robot ini mulai didemonstrasikan di depan publik pada 16 maret 2009 di Jepang. HRP-4c dibuat menyerupai robot wanita yang dilengkapi dengan wajah dan juga suara. Tidak hanya itu perkembangan terbaru dari HRP-4C memungkinkan robot untuk menirukan ekspressi manusia ketika sedang berbicara ataupun bernyanyi.

HRP-4C memiliki tinggi sekitar 158 Cm dengan berat 43 kg, robot ini tidak hanya berpostur mirip dengan manusia, namun dia juga dapat merespon pembicaraan dan perintah seperti layaknya manusia. Program vocal sanitizer atau vocaloid yang diapplikasikan ke dalam robot juga memungkinkan robot untuk benyanyi seperti manusia pada umumnya.

Selain HRP-4C terdapat tipe-tipe robot humandroid lainnya yang juga sama-sama menggunakan teknologi masa depan, seperti Actroid. Actroid merupakan robot tipe android yang juga menyerupai bentuk fisik manusia dengan tingkat visualisasi yang hampir sama dengan manusia.

Actroid ini pertama kali dibuat tahun 2003 di Universitas Osaka Jepang dan kemudian mulai dikembangkan menjadi beberapa tipe. Bentuk original dari robot tipe android ini adalah repliee Q1 yang kemudian dikembangkan lagi menjadi repliee R1.

Pada 2006 mulai dibentuk robot android tipe Actroid-DER2. Dan pada tahun 2011 Danish Lector memperkenalkan tipe actroid terbaru yang diberi nama Germinorid-DK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s